Linux, OS Pinguin Open Source

Sebagai Operating System (OS) Linux sudah cukup berpengalaman dalam membuat OS yang handal, cepat dan tentunya "Open Source", berbeda dengan Windows yang dibuat oleh Microsoft.inc dan Macintosh yang dibuat oleh Apple, Linux sendiri tidak dibuat oleh sebuah perusahan, melainkan dibuat oleh suatu komunitas dari berbagai belahan dunia, 

 Linux juga menggunakan sebuah license yang bernama GNU General Public License (GNU/GPL). Apa itu GNU/GPL? Singkatnya GNU General Public License memungkinkan suatu aplikasi ( termasuk sistem operasi ) secara bebas digunakan dan disebarluaskan dimana pengguna/penerima software berhak menerima kode asal ( source code) dari aplikasi tersebut beserta semua hak yang diijinkan oleh pembuat asli so.. singkatnya bahwa linux tidak memiliki hak cipta, karena memang tidak ada produk linux atas nama perusahaan maupun perseorangan, Linux sendiri adalah satu-satunya Operating System yang tidak berbayar a.k.a Gratiss.. ya jika kita bandingkan dengan satu bundle windows, kita dipaksa untuk mengeluarkan uang sekitar 1 - 3 Juta rupiah hanya untuk satu buah OS (original).

Sayangnya, di Indonesia sendiri Linux masih jarang diminati dibandingkan dengan Windows dan Mac, karena memang untuk cara "pengoperasiannya" sendiri linux tidaklah se-simple saingan -saingannya yang lain. Tidak sedikit juga orang yang senang dengan linux untuk membiasakan dirinya belajar bahasa pemrograman atau suka karena tampilan UI (User Interface)-nya yang menarik, ataupun dengan "Open Source"-nya, atau bisa juga karena penasaran dan ingin mencoba.

Tak jarang, sekarang linux digunakan oleh berbagai macam departemen di berbagai negara, contohnya saja kepolisian prancis yang awalnya menggunakan windows untuk urusan kantoran, khususnya cyber police, sekarang mereka sudah mulai berpindah ke Linux dengan alasan, biaya perawatan yang jauh lebih murah dibanding windows dan sistem keamanan yang juga tidak kalah dengan OS lain. Tak jarang juga, karena "Open Source" linux digunakan untuk mengetes sistem keamanan dari suatu program atau sistem, 

Linux juga tidak hanya digunakan pada departemen pemerintah saja, namun peretas-peretas dunia menggunakan linux sebagai OS-nya untuk melakukan aksi "Hacking" terhadap suatu sistem, 


Sebagai sebuah sistem operasi yang termasuk gratis dan juga open source, maka sudah pasti linux memiliki banyak sekali kelebihan. Apa saja kelebihan dari sistem operasi linux? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari sistem operasi Linux:
  1. Jauh lebih murah dibandingkan sistem operasi lain
Tentu saja, sistem operasi Linux jauh lebih murah dengan sistem operasi lainnya. Bandingkan saja dengan sistem operasi Windows yang harus mengeluarkan biaya yang "lumayan" untuk lisensi originalnya. Linux dapat diperoleh secara gratis, dan juga beberapa dapat diperoleh dengan biaya yang sangat murah.
    2. Memilki tingkat keamanan yang cukup baik
Tingkat kemanan dan juga security yang dimiliki oleh sistem operasi linux merupakan tingkat keamanan yang tergolong baik dan tidak kalah dengan sistem operasi lainnya. Bahkan banyak user yang mengklaim bahwa linux memiliki sistem keamanan terbaik apabila dibandingkan dengan sistem operasi populer lainnya.
    3.  Tampilan grafik yang baik
Jangan kira sebuah software open source seperti linux memilki tampilan gafik yang buruk. Linux mendukung tampilan grafisk yang bagus dan juga eye catching. Terutama pada distro linux yang menggunakan sistem full grafis, dimana semua command dan juga perintahnya menggunakan sistem grafis.

     4. Mudah untuk dilakukan modifikasi terhadap source code
Bagi para programmer dan juga ahli komputer, penggunaan Linux sangatlah menarik, karena source code dari linux merupakan jenis source code yang open source dan juga menggunakan bahasa C. Hal ini akan lebih memudahkan untuk dilakukan modifikasi pada sistem operasi linux.


     
      5.  Mendukung akses ke 33 macam sistem file yang berbeda
Sistem operasi linux juga mendukung lebih dari 33 macam sistem file yang umum digunakan pada sistem operasi lainnya. Hal ini mencakup sistem format dari harddisk, format-format software dan file, seperti video, gambar, dan juga format lainnya.

     6.  Penggunaan Linux lebih terspesifikasi
Linux merupakan salah satu sistem operasi yang terspesifikasi khususnya dari setiap distro pada sistem operasi linux. Melalui dukungan distro-distronya, linux memiliki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan setiap user. Contohnya adalah bagi user yang membutuhkan sistem operasi untuk server, maka bisa menggunakan distro linux yang bernama Redhat. Begitu pula dengan kepentingan dan juga kebutuhan lainnya.

       7.   Software bawaan sudah terinstall dan dapat digunakan dengan mudahLinux juga memiliki beberapa software bawaan yang dapat bermanfaat dan juga digunakan dengan mudah. Software ini berhubungan dengan software utilitas, seperti software jaringan dan juga software yang berhubungan dengan driver.

       8.  Cocok bagi yang hobi melakukan utak atik komputer
Bagi anda yang sering mengotak atik komputer, Linux merupakan salah satu sistem operasi yang pas. Source code yang bisa dimodifikasi dan diubah, serta lisensinya yang bersifat open source akan sangat cocok bagi user yang senang melakukan otak atik pada sistem operasi ini, untuk mendapatkan performa yang lebih maksimal.

         9.  Cocok untuk dijadikan sebagai komputer server
Sistem operasi linux merupakan sistem operasi yang stabil dan juga cepat. Sehingga sangat cocok untuk digunakan pada komputer server, admin, dan juga komputer personal sekalipun. Banyak yang mempertanyakan apakah server berbasis linux dengan server berbasis windows memiliki perbedaan. Pada dasarnya cara kerja server berbasis OS manapun akan sama, hanya saja berbeda dalam bahasa pemrograman  pada OSnya, begitu juga server ini mengikuti jalannya prinsip kerja jaringan komputer yang digunakan.
  
         10.   Spesifikasi hardware yang tidak terlalu besar
Yang paling penting dari sistem operasi Linux ini adalah spesifikasi hardware yang dibutuhkan sangat rendah. Anda tidak perlu khawatir dengan spek komputer anda yang rendah, karena sistem operasi linux ini dapat berjalan pada komputer dengan spesifikasi yang rendah sekalipun.

        11.  Penggunaan software linux akan mencegah user dari pembajakan hak cipta
Saat ini, pembajakan pada sistem operasi, terutama sistem operas Windows sangat marak terjadi. Karena itu, bagi user yang menggunakan sistem operasi linux, user tersebut dapat mendukung penghargaan terhadap hak cipta. Dengan cara tidak menggunakan produk-produk bajakan.




Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun demikian nyatanya linux masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari sistem operasi linux :

  1. Saat terjadi masalah pada OS Linux, sulit mengatasinya 
Tidak banyak teknisi yang memahami sistem operasi linux. Hal ini dikarenakan memang jarang user yang menggunakan sistem operasi Linux, sehingga dukungan terhadap trouble shooting secara fisik agak sulit. Yang bisa dilakukan hanyalah mengandalkan forum-forum linux yang banyak ditemukan di Internet. 

Linux (mint18) yang digunakan oleh penulis


  1. Dukungan software populer yang kurang
Software populer, seperti games dan juga aplikasi-aplikasi popler masih banyak yang belum mendukung sistem operasi Linux. Hal ini menyebabkan akan sulit untuk menyesuaikan diri dengan menggunakan aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasi Linux. Terutama jika menggunakan software gratis, seperti software gratis untuk edit video yang kebanyakan hanya fit pada os windows.
  1. Kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya, sehingga terlihat inferior
Kelemahan linux yang paling banyak, yaitu kalah bersaing dengan sistem operasi lain seperti Windows dan juga Mac OS. Meskipun bersifat opensource, dan juga murah, hal ini ternyata tidak membuat linux menjadi sangat populer seperti sistem operasi lainnya.

0 Response to "Linux, OS Pinguin Open Source"

Post a Comment