Tips menghemat baterai Smartphone

Pernahkah anda ketika sedang melakukan suatu acara atau bepergian baterai smartphone anda habis? Terlebih lagi anda tidak membawa powerbank dan tidak adanya stop kontak untuk melakukan charger ulang.. sangat menjengkelkan bukan??
Dalam artikel kali ini kami akan mencoba untuk memberikan beberapa tips yang mungkin akan sedikit bermanfaat.

Pada dasarnya baterai Smartphone hanya efektif pada kisaran 20 - 80% pada persentase itulah baterai akan bekerja secara maksimal.


  1. Matikan GPS/Lokasi
         
Fitur lokasi merupakan fitur yang sangat penting dan ditawarkan di hampir semua smartphone saat ini, fungsinya? Tentu untuk mengetahui lokasi smartphone anda sebagai contoh kalau-kalau hp anda hilang, anda bisa melacaknya langsung dari pc/laptop. Tapi dengan cara menyalakan Lokasi secara terus menerus dapat meningkatkan kinerja GPU smartphone tersebut, dan GPU membutuhkan suplai power yang "Cukup Besar" dari baterai yang ada di smartphone.
Untuk mematikannya cukup hanya ke notification bar dengan cara swipe down smartphone lalu matikan lokasi, atau dengan cara pergi ke setting > Location > turn off.



     2.   Redupkan Kecerahan Smartphone
           

Fitur Brightness/Kecerahan juga sangat berpengaruh terhadap ketahanan daya baterai, Mengapa bisa demikian? Karena layar smartphone sekarang memiliki kerapatan layar (pixel density) yang cukup tinggi, namun biasanya produsen smartphone menyeimbangkan kerapatan layar dengan baterai yang digunakan, contohnya saja Smartphone A memiliki pixel density 218 ppi, dengan kapasitas baterai 1800 Mah dan smartphone B memiliki pixel density 294 ppi dengan kapasitas baterai yang sama yaitu 1800 Mah, maka bisa dikatakan Smartphone B akan jauh lebih cepat menguras baterai daripada smartphone A . So jika anda yang ingin membeli smartphone baru jangan mudah tergiur dengan kapasitas baterai yang tinggi, lihat juga seberapa tinggi kah kerapatan layar smartphone tersebut.



      3.    Matikan data (3G/4G)
               

Mematikan data juga merupakan cara yang cukup ampuh untuk menghemat baterai smartphone, jaringan 3G dan 4G lah yang paling banyak memakan daya baterai, karena IC penangkap sinyal bekerja dengan maksimal untuk mendapatkan sinyal. Jika tidak ingin mematikan koneksi data karna takut tidak bisa membaca notifikasi anda bisa mengubah jaringan data menjadi 2G. ya memang jaringan ini sangat lambat tapi masih bisa berjalan untuk bersosial media seperti BBM, Whatsapp dan Line tentu bagi anda yang sabar dan sangat ingin mengetahui notifikasi tetapi baterai pas-pasan bisa mencobanya.  



      3.     Dual SIM? Matikan salah satu

               Smartphone saat ini banyak sekali yang memilik fitur Dual-Sim yang berarti smartphone tersebut memiliki 2 IC penangkap sinyal yang tentunya akan mempercepat habisnya daya baterai jika dinyalakan secara stand-by terus menerus. Matikan salah satu sim akan membuat baterai lebih hemat.








       4.      Aktifkan fitur Battery Saver 
       
                Tak sedikit produsen smartphone yang membawakan fitur Battery Saver ke lini produknya, ya Battery saver bawaan biasanya akan membuat efek-efek UI dalam hp menghilang. dan beberapa fitur yang di nonaktifkan. Namun tak jarang juga ada beberapa smartphone yang tidak memiliki fitur battery saver sehingga mereka harus mendownloadnya di store. tapi jangan asal download karena sebagian besar battery saver di store hanyalan pembersih cache (File-file sampah) sehingga tidak terlalu berpengaruh. Beberapa battery saver yang direkomendasikan.
  • Untuk Smartphone yang ber-Chipset atau ber-CPU Qualcomm Snapdragon bisa mendownload Snapdragon BatteryGuru di store.


  • Sayangnya untuk smartphone yang ber-Chipset Mediatek atau yang lainnya belum memiliki aplikasi battery saver yang resmi, tapi anda bisa mendownload JuiceDefender melalui google playstore, namun secara pribadi interface juicedefender sedikit kurang simple untuk seukuran aplikasi battery saver.




      5.     Nyalakan fitur Airplane Mode
              

                  Bagi anda yang tidak ingin ambil pusing, bisa langsung mengaktifkan fitur ini, Fitur yang sangat menghemat baterai karena semua fitur di smartphone anda dinonaktifkan. 

     









Mungkin itu saja tips kali ini, semoga bermanfaat..

0 Response to "Tips menghemat baterai Smartphone"

Post a Comment